Waspada Virus EV-71

China Minta Warganya Waspada Virus EV-71

Rabu, 7 Mei 2008 – 13:02 wib

Nurfajri Budi Nugroho – Okezone

BEIJING – Kementerian kesehatan China memerintahkan seluruh komunitas di negerinya untuk waspada terhadap penyakit yang disebabkan virus yang telah menjangkiti ribuan anak.

Hingga kini, jumlah korban tewas akibat enterovirus 71 atau EV-71 itu mencapai 28 jiwa. Sejauh ini sebanyak 15.799 kasus penyakit yang menyerang tangan, kaki dan mulut itu sudah ditangani. Demikian dilansir kantor berita Xinhua, Rabu (7/5/2008).

Situs biro kesehatan provinsi Hunan menyebutkan seorang anak perempuan berusia 2 tahun tewas akibat penyakit itu Selasa kemarin, setelah mengalami koma.

Kematian lainnya dilaporkan di provinsi tetangganya, Guangxi. Namun, pejabat kesehatan Guangxi tidak memberikan detail informasi mengenai kasus itu. Xinhua menyebut, korban di Guangxi merupakan seorang bocah lelaki berusia 3 tahun yang tewas 3 Mei lalu, setelah mengalami sakit pada tangan, kaki, dan mulutnya.

Kebanyakan kasus yang terjadi mengarah pada serangan enterovirus 71. EV-71 dapat mengakibatkan berbagai bentuk penyakit yang menyebabkan kelumpuhan, pembengkakakn otak, dan terkadang kematian.

Penyakit yang diakibatkan virus itu dapat menular melalui air liur, tinja, ingus, dan lendir dari hidung atau kerongkongan. Tanda-tanda penyakit tersebut meliputi deman, kulit seperti terbakar, dan sakit di tenggorokan, mulut, kaki, dan ibu jari.

Hingga kini, belum ada vaksin atau pengobatan spesifik, namun sebagian besar anak-anak yang terjangkit penyakit tersebut ada yang dengan cepat bisa disembuhkan. (jri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: